Mantan Presiden Bill Clinton baru saja meluncurkan pelajaran terbaru dipelajari dalam 20 tahun sejak hubungan mesum dengan kemudian Gedung Putih magang Monica Lewinsky menyebabkan pemecatannya: tepatnya, tepatnya tidak ada.

Tidak apa-apa Meskipun manfaat seharusnya dari belakang, deskripsi Lewinsky sendiri bagaimana hal ini hampir menghancurkan hidupnya, dan era baru yang telah melihat hilangnya sangat cepat dari seks yang dituduh pelaku Harvey Weinstein Kevin Spacey, Clinton percaya siapa yang melakukan hal yang benar pada saat itu, dan saya tidak merasakannya sekarang

Dalam sebuah wawancara dengan Craig Melvin dari NBC News, Clinton mengatakan kepada presenter bahwa dia tidak berpikir dia berhutang permintaan maaf kepada Lewinsky. “Tidak, saya tidak, saya tidak pernah berbicara dengannya. Tapi saya mengatakan secara terbuka pada lebih dari satu kesempatan itu ia menyesal. Itu sangat berbeda. Permintaan maaf itu publik”.

Kata-kata tidak dapat secara memadai menyampaikan bagaimana mengganggu layar adalah: lihat saja. Anda mungkin telah meminta maaf secara terbuka dengan Lewinsky dan keluarganya pada tahun 1998, tapi sikapnya untuk NBC akan membuat orang bertanya-tanya tentang ketulusan, pada waktu itu atau pada saat itu. Presiden, menyeringai kekanak-kanakan, bersikeras dia melakukan hal yang benar, membual bahwa ia tidak pernah menawarkan permintaan maaf pribadi ke magang muda yang pernah mengambil di Oval Office, seperti menonton scammer membanggakan setelah tertipu keluarga yang tidak bersalah. Manusia tidak mungkin secara patologis tidak bisa merasa malu.

Dia juga bersikeras bahwa itu, entah bagaimana, dua dekade kemudian, hanya kerusakan agunan atau konsekuensi dari banyak tuduhan kesalahan seksual dari presiden saat ini.

“Banyak fakta telah nyaman dihilangkan untuk membuat pekerjaan cerita, saya pikir sebagian karena mereka frustasi karena mereka menerima semua tuduhan serius terhadap penghuni saat Oval Office dan pemilih mereka tidak keberatan.” Clinton mengatakan tentang Donald Trump. “Saya pikir saya melakukan hal yang benar, saya membela Konstitusi.”

Dan akhirnya, Clinton menepis masalah ini sebagai cerita lama, dengan mengatakan: “Ini sudah diperselisihkan 20 tahun yang lalu, dua pertiga orang Amerika memihak saya.”

Semua ini mengesankan dan, bagaimanapun, tidak mengherankan.

Apa yang benar-benar dapat diprediksi adalah kurangnya penyesalan dan refleksi diri Clinton. Untuk pelecehan seksual berseri, rasa hak prasejarah yang menuntun mereka untuk mengambil keuntungan dari individu terlemah adalah benang konstan. Itulah yang juga membuat mereka percaya bahwa, berulang kali, mereka akan lolos dengan itu dan, pada akhirnya, bahwa mereka benar-benar tidak melakukan kesalahan apa pun.

Rasa hak untuk akses seksual tak terbatas ke kepercayaan publik atau pengampunan tegas dan untuk mempertahankan reputasi publik, menjelaskan Anthony Weiner bersikeras bahwa komputer mereka hacked, atau Bill Cosby tersenyum sinting melalui penilaiannya mengintimidasi dan mendiskreditkan penuduhnya, atau pengacara Weinstein ditawarkan alasan menyenangkan bahwa dia tidak “menciptakan” konsep pekerja seks di Hollywood.

Dan itu menjelaskan mengapa Clinton sangat marah hari ini. Terus terang, dia punya bantuan. Publik memberinya izin pada saat itu. Feminis, wanita liberal, termasuk istrinya, melindunginya, menyerang penuduhnya dan bersikeras kita semua dalam hal itu, pada dasarnya, pekerjaan umum yang baik outshone perilaku pribadinya yang buruk. Hal yang mengejutkan tentang komentarnya baru-baru ini, bagaimanapun, adalah bahwa Clinton adalah cangkang dari politisi yang pandai dia dulu. Di mana dulu ada empati, apakah Anda ingat “Saya merasakan rasa sakit Anda”? – Adalah aset terbesarnya, tampak benar-benar tidak bisa atau tidak mau emosi palsu. Berpura-pura peduli, meyakinkan, adalah permainan bola lengkap seorang politisi Amerika. Dan Clinton tidak bisa berpura-pura selama beberapa menit saat dia di televisi nasional, saya tidak bisa menunjukkan minimal simpati bagi para korban pelecehan seksual pada umumnya, mengatakan banyak tentang politikus yang dulu dan mungkin pada manusia selalu itu.